Apple Resmikan MacOS “Mojave”

Apple Resmikan MacOS “Mojave”

Apple mengumumkan kehadiran sistem operasi desktop terbarunya dalam konferensi WWDC yang berlangsung di San Jose, Amerika Serikat, awal pekan ini. Apa saja fitur-fitur yang dibawa OS baru yang diberi nama Mojave ini?

Dark Mode

Sesuai rumor yang sempat beredar sebelumnya, MacOS Mojave menawarkan opsi “dark mode”, yakni tampilan antarmuka dengan warna serba gelap, berkebalikan dari tampang MacOS selama ini. Tampilan gelap dark mode di MacOS Mojave mencakup jendela-jendela yang terbuka, dock, bahkan juga aplikasi. Stacks Ada juga sejumlah fitur baru lain terkait cara kerja MacOS Mojave. Di desktop misalnya, ada fitur Stacks yang secara otomatis mengumpulkan aneka file yang berceceran menjadi satu grup yang sama berdasarkan jenis.

Stacks

Ada juga sejumlah fitur baru lain terkait cara kerja MacOS Mojave. Di desktop misalnya, ada fitur Stacks yang secara otomatis mengumpulkan aneka file yang berceceran menjadi satu grup yang sama berdasarkan jenis.

Screenshot baru

Fitur screenshot turut dipermak dan kini menyajikan aneka tool untuk editing gambar tangkapan luar. Ada juga Continuity Camera untuk menjalankan kamera ponsel dari desktop dan Home control center untuk pusat kendali perangkat-perangkat IoT.

Preview carousel

Lalu di Finder, ada tampilan preview bergulir (carousel) untuk memudahkan pengguna melihat file gambar. Sidebar di samping preview kini menampilkan informasi metadata, berikut tombol-tombol untuk melakukan hal sederhana seperti memutar gambar. Tombol-tombol ini bersifat kontekstual dan bisa berganti tergantung apa yang dilakukan pengguna. Saat memilih banyak gambar sekaligus misalnya, akan muncul tombol untuk membuat file PDF berisi gambar-gambar tersebut.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (5/6/2018), Apple rencananya akan memulai sesi public beta untuk uji coba MacOS Mojave sekitar pertengahan tahun ini. Rilisnya sendiri akan dilakukan belakangan menjelang akhir 2018.

sumber: kompas

Post Comment